Jumat, 14 Agustus 2020

DINAMIKA DALAM KELOMPOK



Dinamika kelompok merupakan kelompok yang terdiri dari dua/lebih individu yang mempunyai hubungan psikologis dengan jelas antara anggota satu dengan lainnya serta berlangsung dalam situasi yang dialami. Dinamika kelompok berasal dari dua kata yaitu dinamika dan kelompok. Dinamikan yaitu interdependensi atau interaksi antara kelompok satu dengan lainnya, dan Kelompok merupakan kumpilan individu yang saling berinteraksi serta memiliki tujuan bersama.
Dinamika kelompok merupakan suatu lingkup pengetahuan sosial yang lebih berkosentrasi pada pengetahuan tentang hakekat kehidupan berkelompok (Johnson, 2012: 24). Sedangkan dalam bukunya Santoso (2006: 5), dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang teratur dari dua individu atau lebih yang mempunyai hubungan psikologis secara jelas antara anggota yang satu dengan yang lain.
Berkiut definisi dinamika kelompok menurut para ahli:
1.      Benyamin B. Wolman (dalam Rusmana, t.t:2)
Dinamika kelompok adalah studi tentang hubungan sebab akibat yang ada di dalam kelompok, tentang perkembangan hubungan sebab akibat yang terjadi di dalam kelompok, tentang teknik-teknik untuk mengubah hubungan interpersonal dan attitude di dalam kelompok.
2.      Floyd D. Ruch (dalam Gunarsa, 2008: 75)
Dinamika kelompok adalah analisa dari relasi-relasi kelompok sosial, berdasarkan prinsip bahwa tingkah laku dalam kelompok itu adalah hasil dari interaksi yang dinamis antara individu-individu dalam situasi sosial.
3.      Jacobs, Harvill dan Manson (dalam Rusmana, t.t:1)
Dinamika kelompok adalah kekuatan yang saling mempengaruhi hubungan timbal balik kelompok dengan interaksi yang terjadi antara anggota kelompok dengan pemimpin yang diberi pengaruh kuat pada perkembangan kelompok.
      Dari beberapa pengertian tersebut, maka dapat saya simpulkan bahwa dinamika kelompok merupakan suatu pengetahuan sosial yang menganalisa hakekat aktivitas berkelompok dalam hubungan antar anggota kelompok, interaksi, saling mempengaruhi dalam situasi sosial dalam kelompok agar mampu bergerak, berkembang dan menyesuaikan diri membangun kelompok dalam satu pencapaian tujuan.
Fungsi Dinamika Kelompok
Fungsi dari dinamika kelompok itu antara lain:
  1. Membuat kelompok kerjasama saling menguntungkan dalam hal mengatasi persoalan hidup.
  2. Memudahkan pekerjaan.
  3. Memecahkan masalah pekerjaan yang membutuhkan solusi masalah serta mengurangi beban pekerjaan yang terlampau besar hingga selesai lebih cepat, efisien dan efektif. Salah satunya dengan membagi pekerjaan yang besar menyesuaikan bagian kelompoknya pada masing-masing (sesuai keahlian).
  4. Menciptakan iklim yang demokratis didalam kehidupan bermasyarakat dengan memungkinkan setiap individu memberikan masukan, berinteraksi, serta mempunyai peran yang sma di dalam masyarakat.

Jenis Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang menjalankan interaksi sosial dan ada pembagian tugas, struktur serta norma yang ada.

Kelompok Primer

Ialah kelompok sosial yang didalamnya ada interaksi sosial yang anggotanya saling mengenal satu sama lain secara dekat, dan berhubungan erat ddalam kehidupan. Sedangkan meurut Goerge Homans kelompok primer adalah sejumlah orang yang beberapa orang sering berkomunikasi dengan yang lain, sehingga tiap-tiap orang bisa berkomunikasi secara langusng (bertatap muka) tanpa melewati perantara. Contphnya : Keluarga, kawan sepermainan, RT, kelompok agama, dll.

Kelompok Sekunder

Bila interaksi sosial terjadi secara tidak langsung, berjauhan, serta sifatnya kurang kekeluargaan. Hubungan yang terjadi umumnya bersifat objektif. Contohnya: perhimpinan serikat kerja, partai politik dan lainya.

Kelompok Formal

Pada kelompok tersebut ditandai dengan adanya Anggaran Dasar atau peraturan, Anggaran Rumah Tamgga (ART) yang ada. Anggotanya diangkat oleh organisasi. Contohnya dari kelompok tersebut merupakan seluruh perkumpulan yang mempunyai AD/ART.

Kelompok Informal

Ialah kelompok yang tumbuh dari proses interaksi, kebutuhan seseorang, daya tarik. Keanggotaan keolompok umumnya tidak teratur serta keanggotaannya ditentukan oleh daya tarik bersama dari individu serta kelompok. Terjadi pembagian tugas yang jelas namun bersifat infirmal dan hanya berdasarkan kekeluargaan serta simpati. Cotohnya: kelompok arisan.

 Ciri-Ciri dan Fungsi dinamika kelompok
1. Adapun ciri-ciri dinamika kelompok yaitu:
  • Memmiliki motif yang sama anatar individu satu dengan yang lainya.
  • Terdapat akibat-akibat interaksi yang berlainan antara individu satu dengan yang lainnya.
  • Adanya penugasan dan pembentukan struktur atau organisasi kelompok yang jelas dan terdiri dari peranan serta kedudukan masing-masing.
  • Adanya penuguhan norma pedoman tingkah laku anggota kelompok yang mengatur interaksi dalam kegiatan anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
2. Fungsi Dinamika kelompok yaitu:
Fungsi dari dinamika di dalam keompok  antara lain:
  •  Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup.
  • Memudahkan segala pekerjaan. 
  • Mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga selesai lebih efektif, cepat dan efisien.
  •  Menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan masyarakat
Dalam dinamika kelompok untuk mengetahui fungsinya perlu di mengerti pula tanda-tanda  

Dinamika kelompok sudah terbentuk
        Menurut Mungin (2005 : 63) konseling kelompok memanfaatkan dinamiuka kelompok sebagai upaya untuk membimbing anggota kelompok untuk mencapai tujuan. Media dinamika kelompok ini, unik dan hanya dapat ditemukan dalam suatu kelompok yang benar-benar hidup. Kelompok yang hidup adalah kelompok yang memiliki cirri-ciri dinamis, bergerak dan aktif berfungsi untuk memenuhi suatu kebutuhan dan mencapai suatu tujuan.
        Menurut Glading dalam Mungin (2005 : 62) dinamika kelompok dapat digambarkan dengan kekuatan-kekuatan yang muncul dalan suatu kelompok. Kekuatan-kekuatan itu bias tampak jelas atau mungkin tersembunyi seperti bagaimana para anggota kelompok merasakan diri mereka sendiri, saling merasakan satu sama lain, dan merasakan pemimpin kelompok mereka, bagaimana mereka berbicara satu sama lain, dan bagaimana pemimpin kelompok mereaksi para anggota.

      Selanjutnya menurut Mungin (2005 : 69) dinamika kelompok benar-benar terwujud dalam kelompok dapat dilihat dari : 
  •  anggota kelompok dapat membantu terbinanya suasana keakraban dalam hubungan antar anggota kelompok, 
  •  anggota kelompok mampu mencurahkan segenap perasaan dalam melibatkan diri dalam kegiatan kelompok, 
  •  anggota kelompok dapat membantu tercapainya tujuan bersama, 
  • anggota kelompok dapat mematuhi aturan kelompok dengan baik, 
  •  anggota kelompok benar-benar aktif dalam seluruh kegiatan kelompok, 
  •  anggota kelompok dapat berkomunikasi secara terbuka, 
  •  anggota kelompok dapat membantu orang lain, 
  • amggota kelompok dapat member kesempatan kepada anggota lain untuk menjalankan perannya, 
  •  anggota kelompok dapat menyadari pentingnya kegiatan kelompok.
 Komunikasi, Kepemimipinan Dan Sinergi Dalam Kelompok
  • Komunikasi kelompok prespektif adalah dimana dalam kelompok itu terjadi interaksi satu sama lain dengan cara tertentu. Dimana masing-masing mempenagruhi oleh pihak lainnya.
  • Kepemimpinan dalam kelompok adalah tindakan perbuatan diantara perseorangan dan kelompok yang menyebabkan baik orang seorang maupun kelompok maju kearah tujuan. Adapun tujuan kepemimpinan adalah :
  1. Untuk memajukan organisasi yang yang bersangkutan dan menghindari diri dari maksud-maksud yang irasional organisasi yang ada.
  2. Untuk menanamkan tujuan kelompok pada masing-masing anggota sehingga tujuan kelompok dapat segera tercapai.Adapun fungsi kepemimpinan adala:
  1. Menentukan kegunaan dan tujuan
  2. menfokuskan diri pada proses kerja secara bersama.
  3. Mengevaluasi kemajuan dan berkembang.
  • Sinergi dalam kelompok yaitu:
  1. membantu tersusunya aturan kelompok dan berusaha mematuhinya dengan baik
  2. Benar-benar berusaha untuk secara aktif ikut serta dalam seluruh kegiatan kelompok.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hubungan di dalam suatu kelompok.
  1. Atmofser yang rileks dan nyaman bebas dari berkenaan dimana tiap individu dapat berinteraksi dan terlibat.
  2. Diskusi, fokus pada tiap orang berpartisipasi.
  3. Tujuan atau obyektif, di pahami secara jelas dan diterima oleh anggota kelompok.
  4. Listening, anggota akan aktif mendengarkan anggota lain.
  5. Keputusan, dibuat dengan konsensus atau persetujuan yang umum.
  6. Critisim, terbuka tidak ada agenda yang di sembunyikan, sehingga anggota merasa nyaman.
  7. Feeling, dapat di ekspresikan dengan bebas
  8. kesadaran diri, kelompok penuh dengan cara kerja.

Keunggulan dan Kelemahan dalam Kelompok

Pada proses dinamika kelompok ada faktor yang bisa menghambat ataupun memperlancar proses tersebut yang ada berupa kelebihan ataupun kekurangan pada kelompok tersebut.
  • Kelebihan Kelompok
  1. Adanya keterbukaan antar anggota kelompok untuk menerima dan memberi informasi serta pendapat anggota yang lainnya.
  2. Kemauan anggota kelompok untuk mendahulukan kepentingan kelompoknya dengan menekan kepentingan pribadi
  3. Mempunyai kemampuan anggota kelompok untuk mendahulukan kepentingan kelompok dengan melakukan tekanan
  4. Kemampuan secara emosional dalam mengungkapkan kaidah dan telah disepakati kelompok.
  • Kekurangan Kelompok Kelemahan pada kelompok bisa disebabkan karena waktu penugasan, tempat atau jarak anggota kelompok yang berjauhan yang dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas pertemuan.




 SUMBER :
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-dinamika-kelompok-serta-jenis/
http://ayutartilan.blogspot.com/2014/12/konsep-dasar-dinamika-kelompok_2.html






1 komentar: