Selasa, 03 Desember 2019


Ikan merupakan sumber makanan hewani yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, banyak ikan yang bisa kita konsumsi seperti ikan tuna, ikan bandeng, ikan tenggiri, ikan tongkol, ikan kakap, ikan kembung, ikan salmon dan masih banyak yang lainnya dan semuanya baik untuk tubuh. Bagi anda penggemar makanan laut atau seafood pasti sudah mengenal ikan tengiri. Ikan tengiri merupakan ikan yang memiliki manfaat dan kandungan nutrisinya yang tinggi bagi tubuh kita. Ikan tenggiri memiliki ketebalan daging yang banyak dan ikan tenggiri dapat mencapai panjang 2 meter. Bentuk ikan tenggiri memiliki bentuk memipih dan kepalanya meruncing kedepan dan juga memiliki gigi yang tajam. Ikan tenggiri biasanya hidup di laut yang dalam dan senang hidup di alam yang bebas dengan polusi, makanya ikan tenggiri memiliki rasa yang nikmat dan enak.


Ikan tenggiri memiliki kandungan protein, asam lemak omega 3, dan nutrisi lainnya. Ikan tenggiri bermanfaat bagi tubuh seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah sel- sel kanker, dan mencegah penyakit jantung. Omega 3 merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita tetapi dalam tubuh tidak dapat memproduksinya.

           Ikan tenggiri memiliki rasa yang enak dan juga dagingnya yang tebal, sehingga dapat di olah menjadi berbagai macam masakan seperti soup tenggiri, ikan tenggiri bakar, ikan tenggiri sambal dan masih banyak lainnya. Keunggulan dari ikan tenggiri adalah kandungan lemak yang aman bagi tubuh kita dibandingkan dengan daging sapi maupun kambing, selain ikan tenggiri memiliki kandungan protein yang mudah untuk di serap tubuh.
Anda bisa mencoba berbagai macam resep masakan ikan, seperti pepes ikan, ikan bakar seperti gambar ikan disamping ini , ikan goreng, sop ikan, gulai ikan ataupun abon ikan dan semua bisa anda cobanya di rumah, seperti orang Jepang yang hampir disetiap menu makanannya pasti mengandung ikan dan terbukti orang jepang mempunyai otak yang pintar dan cerdas.

Ikan sudah dikenal sejak jaman dulu sebagai sumber makanan yang menyehatkan karena bagian dari ikan seperti daging, minyak dan kulitnya sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena ikan seringkali berbau amis dan banyak durinya membuat orang malas untuk memasak ikan dan paling hanya mengkonsumsi ikan sekali-kali saja, namun seperti yang dilansir oleh Boldsky.com mengkonsumsi ikan rutin setiap hari sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan seperti ulasannya di bawah ini.
  Mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, untuk anda yang senang mengkonsumsi kepala ikan sangat baik untuk tubuh karena mendapatkan tambahan asupan yodium serta membantu memenuhi kebutuhan tiroid dalam tubuh selain itu ikan juga mengandung gelatin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.
Meningkatkan kesehatan otak, untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan ataupun bagi orang dewasa mengkonsumsi ikan seminggu 2 kali dapat membantu meningkatkan fungsi otak, karena ikan mengandung asam lemak Omega 3 yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak.
Menurunkan resiko penyakit kanker, kanker merupakan salah satu penyakit yang mengerikan karena dapat mengakibatkan kematian, dengan rutin mengkonsumsi makanan hewani seperti ikan sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker ovarium, kanker usus besar dan kanker prostat.
Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, kandungan Omega 3 dalam ikan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah juga mengurangi pembekuan darah dan yang tak kalah penting bermanfaat untuk menyehatkan jantung, oleh karena itu rajin mengkonsumsi ikan maka dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.
Menurunkan depresi, semakin hari tuntutan hidup akan semakin tinggi sehingga setiap orang sering mengalami depresi yang cukup berat setiap hari dan jika dibiarkan maka dapat mengganggu kesehatan, namun anda tidak perlu khawatir anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi ikan, lewat penelitian yang pernah dilakukan ternyata mengkonsumsi ikan secara rutin akan mengurangi seseorang mengalami depresi.
         Kalimantan Selatan memiliki camilan yang berkhas dengan jenis yang sangat dikenal sekali dengan sebutan “Amplang”. Bagaimana rekan semuanya yang mengunjungi Kalimantan ada bukan kerupuk khas ini? Pada awalnya bahan yang paling utama dari Amplang ini adalah ikan pipih yang berhabitat di sungai serta rawa dengan sejenis ikan tawar. Namun kini kan pipih semakin langka, maka dari itu para pembuat kerupuk amplang ini memodif kerupuknya dengan bahan ikan Tenggiri. Atau disebut pula dengan ikan gabus  yang dijadikan sebagai bahan yang paling utama dengan rempah pilihan dengan tekstur bumbu yang sangat sedap sekali.
Teksturnya sangat renyah sekali dan olahannya sangat lembut, apalagi aroma yang dihasilkan akan menjadikan rasa ikannya yang menggoda. Bagi anda yang melihat kerupuk Amplang ini akan ketagihan. Dengan keriuknya yang maknyus. Yang paling terkenal central pembuatan Amplang ini adalah di kota Kabupaten Kotabaru, tetapi seiring dengan perkembanganya wisata di Kalimantan kerupuk Amplang ini dikenal semakin meluas dan sangat pesat sekali serta berkembang pula di berbagai daerah Kalimantan Selatan.

Resep dan cara membuat Amplang Kalimantan yang renyah dan gurih


Amplang adalah kerupuk khas kalimantan yang saat ini sangat di sukai dan dapat menjadi oleh oleh apabila berkunjung ke luar daerah. Bentuk dan warnanya tidaklah menarik tetapi jika sahabat dapat merasakan rasa gurih yang ada pada amplang pasti akan ketagihan. Amplang paling cocok dimakan bersama dengan nasi, sayur dan lauk di meja makan. Nafsu makan sahabat akan semakin bertambah apabila amplang ada di samping.
Amplang terbuat dari daging ikan yang digiling halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan belida karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.
Proses pembuatan kerupuk ini relatif sederhana, tetapi sentuhan yang berbeda dari setiap pembuatnya menciptakan kekhasan tersendiri dari setiap produsen. Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling hingga halus. Daging yang telah halus diberi garam, bumbu-bumbu, serta air hingga rata. Lalu, dimasukkan tepung sagu dan diuleni hingga kalis. Adonan tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, lalu dijemur agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.

Tahap selanjutnya adalah pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan yang masih berbentuk gumpalan besar tadi diiris tipis, lalu dipotong memanjang atau berbentuk dadu dengan ketebalan sekitar 0,5-1 centimeter. Potongan-potongan ini digoreng dengan minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah ditiriskan, amplang dapat disimpan dalam wadah tertutup agar tetap renyah dan tahan lama. Ada juga cara membuat amplang tenggiri yang bisa bunda lihat pada bahan dan cara membuat di bawah ini.

Bahan dalam membuat kerupuk amplang ikan tenggiri :
  • 1 kg Daging Ikan Tenggiri
  • 2 kg Tepung Tapioka
  • Air 750 ml
  • 4/5 ons Garam
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • 5 siung Bawang Putih
  • Tambahkan Cita Rasa seperti Udang ebi, keju, pedas, atau yang anda sukai.
Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri :
  1. Pertama adalah haluskan atau giling daging ikan tenggiri yang sudah anda siapkan di atas.
  2. Setelah itu campurkan daging ikan tenggiri yang sudah anda haluskan tadi dengan tepung, air, garam serta penyedap yang anda inginkan. Kemudian aduk semua bahan tadi secara merata.
  3. Bentuk adonan di atas dengan bentuk memanjang atau sesuai keinginan anda.
  4. Potong adonan yang sudah anda bentuk tadi sesuai keinginan anda.
  5. Kemudian goreng kerupuk yang sudah anda potong tadi dalam minyak yang panas dan banyak selama 30 menit hingga kerupuk mengering dan mengapung. Untuk menghindari gosong atau hangus, sebaiknya anda terus mengaduknya ketika anda sedang menggoreng agar terhindar dari gosong tersebut.
  6. Angkat kerupuk amplang yang sudah anda goreng tadi dan tiriskan hingga kering dan tidak tersisa minyak agar nantinya bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.
  7. Amplang sudah siap untuk dihidangkan atau dikemas.

Di samarinda banyak sekali di pinggir jalan tepi sungai toko toko yang menjual amplang. Rasanya berbeda beda bisa dipilih sesuai selera bunda. Jika tidak memiliki kesempatan untuk membuat ampalang sendiri silahkan datang saja ke seputaran jalan Masjid Islamic Center maka bunda akan temukan toko toko penjual amplang berjejeran.






SUMBER :
http://rasni15.blogspot.com/2016/09/amplang-ikan-tenggiri-khas-kalimantan.html
https://www.racikanbumbu.com/2017/06/resep-dan-cara-membuat-amplang.html

2 komentar:

  1. waah bermanfaat bu, kwa gsan praktik pengolahan berikutnya kna di sungai buluh

    BalasHapus