Jumat, 22 April 2022

MANFAAT DAN CARI MEMBUAT NUGGET IKAN






Nugget ikan merupakan produk diversifikasi pengolahan hasil perikanan yang diadopsi dari luar Indonesia, berupa campuran daging ikan lumat dengan tepung dan bumbu-bumbu berbentuk lempeng atau empat persegi panjang dan dilapisi tepung roti/panir. Nugget ikan bisa jadi merupakan modifikasi dari produk Chicken Nugget yang sudah dikenal lebih dahulu.

Nugget ikan merupakan salah satu produk olahan perikanan yang cukup digemari oleh masyarakat. Merupakan terobosan baru dalam dunia perikanan. Selain cara pembuatannya yang sederhana dan produk yang praktis disiapkan terutama untuk anak-anak dengan berbagai bentuk yang menarik. Selain itu juga dalam pembuatan nugget ikan tidak memakai bahan pengawet.

Nugget merupakan salah satu jenis makanan instan yang di olah dari bahan alami dan juga sehat. Meskipun tergolong sebagai bahan makanan yang mudah dan cepat dimasak, namun makanan ini mempunyai nilai gizi dan cita rasa yang baik untuk kesehatan. Umumnya makanan ini berbentuk pipih, bulat, kotak, atau bentuk lain yang menarik perhatian anak-anak yang mengkonsumsinya.
Namun saat ini, makanan ini sudah sangat populer hingga tidak hanya anak-anak saja yang mengkonsumsinya melainkan orang dewasa juga menggemari makanan ini. Kandungan yang ada dalam makanan ini sangat banyak sehingga membuat makanan ini disebut sebagai makanan yang menyehatkan. Makanan ini mengandung asam amino, lemak, karbohidrat, beberapa jenis vitamin dan mineral yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janinIkan sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh, disamping itu nilai biologisnya mencapai 90%, dengan jaringan pengikat sedikit sehingga lebih mudah dicerna. Hal yang paling penting adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lainnya.
Hasil studi peneliti Swedia, Professor Kjell Toren dari Sahlgrenska Academy Gotheburg mengemukakan bahwa anak remaja berusia 15 tahun yang mengkonsumsi ikan cenderung lebih cerdas dibandingkan anak remaja yang berusia 18 tahun yang jarang mengkonsumsi ikan. Studi tersebut didapat dari pengamatan hampir 4.000 remaja Swedia dan dipublikasikan dalam Acta Paediatrica menerangkan, bahwa asam lemak Omega-3 dan Omega-6 pada ikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif.
Setelah mengetahui keistimewaan daging ikan untuk tumbuh kembang anak, ada baiknya para orang tua di rumah mendorong peningkatan konsumsi ikan dengan menghadirkan menu masakan ikan di meja makan. Walaupun umumnya anak-anak tidak suka memakan ikan karena kerepotan memilah daging dan duri atau karena rasanya, namun hal ini biasa diatasi orang tua dengan mengolah ikan terlebih dahulu. Salah satu olahan yang disukai anak-anak adalah nugget.
Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat nugget ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Sumber energi tubuh
Khasiat nugget yang pertama dapat membantu sebagai sumber energi tubuh. Energi sangatlah dibutuhkan untuk kekuatan tubuh. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan kalori yang terdapat di dalamnya akan bermanfaat sebagai sember energi bagi tubuh.

2. Menunjang aktifitas tubuh
Manfaat lainnya dari nugget juga mampu menunjang aktifitas tubuh. Bagi anda yang biasa melakukan aktifitas berat maka sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini sebagai menu pelengkap sarapan. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada makanan ini terbukti mampu menunjang aktifitas tubuh anda sehingga membuat anda tidak mudah lelah.

3. Mengontrol berat badan
Jika anda mengalami masalah berat badan maka anda bisa rutin mengkonsumsi nugget. Kandungan kalori yang rendah akan sangat membantu anda untuk mengontrol berat badan. Oleh karena itu, anda bisa rutin mengkonsumsinya.

4. Menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh
Selain itu, nugget juga sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh. Jika pada usia anak-anak mengkonsumsi makanan ini maka akan bermanfaat untuk mendukung sistem perkembangan tubuh, sehingga proses pertumbuhan tubuh bisa berjalan dengan efektif.

5. Meningkatkan kesehatan mata
Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Kandungan yang terdapat pada nugget terbukti mampu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi resiko kebutaan. Hal inilah yang menjadikan makanan ini baik untuk dikonsumsi.

6. Membantu perkembangan otak
Otak berfungsi untuk mengatur gerakan, perilaku dan fungsi tubuh. Untuk menjaga perkembangan otak agar bisa berfungsi dengan baik maka anda bisa rajin mengkonsumsi nugget. Kandungan yang ada di dalamnya berperan penting untuk membantu perkembangan otak.

7. Menjaga kesehatan kulit
Untuk menjaga kesehatan kulit anda bisa melakukan dengan cara yang mudah dan alami. Dengan rutin mengkonsumsi nugget maka akan bermanfaat untuk kesehatan kulit anda. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan kulit anda secara alami.

8. Membentuk otot
Nugget juga sangat berkhasiat untuk membentuk otot pada tubuh. Kandungan nutrisi yang ada pada makanan ini bermanfaat untuk membentuk otot yang kuat. Oleh karena itu anda bisa mengkonsumsinya untuk pembentukan otot pada tubuh anda.

9. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis umumnya terjadi pada lansia. Hal ini disebabkan karena tulang yang sudah mulai rapuh dan tidak berfungsi dengan baik. Untuk mencegahnya anda bisa rutin mengkonsumsi nugget. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan kerapuhan tulang.

10. Baik untuk masa pertumbuhan
Proses pertumbuhan yang cepat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang baik dan juga menyehatkan. Salah satunya dengan mengkonsumsi nugget karena kandungan vitamin B yang terdapat di dalamnya sangat baik dan mendukung masa pertumbuhan.
Selain 10 manfaat dan khasiat nugget untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari makanan ini yang perlu anda ketahui, Berikut ini manfaatnya:

5 Manfaat dan Khasiat Nugget Lainnya:
1.         Mencegah kanker usus
2.         Melancarkan pencernaan
3.         Menjaga kekebalan tubuh
4.         Memperkuat tulang dan gigi
5.         Menjaga keseimbangan kondisi tubuh

Tujuan
Tujuan pengolahan nugget ikan untuk mendapatkan hasil olahan daging ikan yang empuk, gurih yang merupakan hasil modifikasi dari chicken nugget.

Fungsi
Fungsi teknologi pengolahan nugget ikan sebagai upaya diversifikasi olahan daging ikan dengan memanfaatkan berjenis-jenis ikan sehingga diperoleh produk daging yang empuk dan bergizi dengan rasa yang khas.
 

PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN
Alat :
Kompor, baskom, pisau, loyang, Talenan, Koas, Dandang, Wajan, Penggoreng, Nampan, Sendok
Bahan :
1. Bahan utama ikan Nila 2,5 kg.
2. Tepung panir 1 kg
3. Tepung terigu 0,5 kg
3. Telur 0,5 kg
4. Tepung kanji 3 sendok 
5. minyak goreng 1 liter
6. Bumbu yang dibutuhkan :
o Garam 2 sdm
o Jahe secukupnya
o Merica 2 bungkus 
o Bawang merah 10 siung
o Bawang putih 5 siung


PROSES PEMBUATAN
Tahapan proses pembuatan :
- Ikan dibersihkan dari sisik dan bagian dalam ikan.
- Kemudian dikuliti dan dipisahkan daging dengan tulang.
- Masukkan tepung terigu, tepung panir dan tepung kanji. 
- Masukkan telur yang sudah dikocok terlebih dahulu.
- Masukkan bumbu yang dihaluskan.
- Aduk sampai rata hingga adonan tidak lengket pada wadah/baskom
- Kemudian masukkan ke dalam Loyang dan ratakan.
- Kukus kembali sampai adonan tercampur dan matang.
- Setelah matang, adonan didinginkan.
- Setelah dingin kemudian potong-potong sesuai selera.
- Masukkan ke dalam kocokan telur.
- Masukkan ke dalam tepung panir hingga rata.
- Kemudian goreng hingga warna kecoklatan



Sumber :
https://rayzulkhaer.blogspot.com/2018/06/manfaat-nugget-ikan_26.html

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus