Kamis, 03 Desember 2020

KLASIFIKASI IKAN SISA NABI

 

Flatfish atau dengan sebutan lain Lemon Sole, Eopsetta jordani, ikan lidah atau biasa disebut ikan sebelah sisa Nabi Musa.as merupakan jenis ikan yang unik dari bentuk dan mengandung kandungan nutrisi yang cukup tinggi disamping memiliki rasa yang lezat.
Berdasarkan temuan para peneliti, ikan ini memiliki sampai 28 spesis, namun hanya enam spesis yang biasanya memiliki nilai komersial tinggi, diantaranya yaitu, Botidae, Cynoglossidae, Citaridae, Pleuronectidae, Scoftalmidae, dan Soleidae, yang ke 6 spesis tersebut sering kita jumpai di pasar-pasar komersial tinggi seperti mall dan pasar-pasar moderen lainnya di berbagai negara.
Hal ini membuat saya sedikit tercengang ketika sore hari kemarin ketika mengunjungi pasar ikan Pusong Kota Lhokseumawe ketika melihat ada Flatfish yang diperdagangkan disini yang notabe pasar Pusong bukanlah pasar komersial tinggat tinggi layaknya pasar Hongkong, China dan negara-negara maju lainnya.
Sontak saja saya pun lansung mendekati pedagang dan menanyakan tentang ikan unik tersebut, pemilik dagangan pun sedikit bercerita tentang ikan unik ini yang memiliki rasa yang sangat lezat dan memiliki nilai jual yang tinggi jika ia mengekspor ikan tersebut keluar negara.
Setelah saya dan pedagang tersebut panjang lebar mengobrol akhirnya saya pun bisa membawa pulang flatfish seberat 1,7 kilogram tersebut ke rumah dengan harga yang relatif lebih murah dengan harga ekspor sekitar 40.000 rupiah per kilogramnya.
Dengan bentuk yang pipih dan kedua matanya yang berada di bagian atas yang nyaris berdampingan layaknya mata manusia ikan ini terlihat jauh berbeda dengan ikan pada umumnya yang memiliki satu mata pada bagian kiri dan satu mata pada bagian kanan.
Mitos yang beredar yang pernah saya dengar sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Dasa, pada zaman dahulu ikan sebelah ini merupakan ikan sempurna pada umumnya. Namun karena Nabi Musa a.s memakan ikan ini pada suatu hari dengan membakarnya di tepi pantai ketika beliau sedang dalam perjalanan berhijrah.

Nabi musa a.s hanya mampu memakan separuh dari ikan tersebut, kemudian Nabi Musa a.s melemparnya kembali sisa sebelahnya lagi ikan tersebut ke dalam laut. Namun Allah berkehendak menghidupkan kembali separuh ikan tersebut hingga ia berkembang dengan baik hingga sekarang ini.


Ikan lidah (Cynoglossus lingua)  memiliki tutup insang, sisik, gurat sisi, sirip punggung, sirip perut, sirip ekor, dan sirip anus. Tetapi ikan lidah tidak memiliki sungut, sirip dada, finlet, keel, scute, korselet, duri mata pisau dan duri pelindung. Ikan lidah memiliki bentuk tubuh nonbilateral simetris dan pipih mendatar, mata hanya berada pada satu sisi, tipe mulut inferior dengan lubang hidung monorhinous, dan kepala tumpul bersisik.
Ikan lidah memiliki tutup insang, sisik, gurat sisi, sirip punggung, sirip perut, sirip ekor, dan sirip anus. Tetapi ikan lidah tidak memiliki sungut, sirip dada, finlet, keel, scute, korselet, duri mata pisau dan duri pelindung.

 
Kingdom : animalia

Fillum: Chordata

Sub Fillum : vertebrata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Pleuronectiformes

Family : Cynoglossidae

Genus : Cynoglossus s

Spesies : Cynoglossus lingua

Tubuh ikan lidah nonbilateral simetris. Hal ini sesuai dengan literature bahwa ada beberapa jenis ikan yang mempunyai bentuk non-simetris bilateral, yang mana jika tubuh ikan tersebut dibelah secara melintang (cross section) maka terdapat perbedaan antara sisi kanan dan sisi kiri tubuh, misalnya ada ikan langkau (Psettodes erumei ) dan ikan lidah (Cynoglossus bilineatus).
Ikan lidah tidak mempunyai sirip dada, dan memiliki tipe mulut yang inferior. mata ikan lidah terletak pada satu sisi dari badan sebelah kiri. Badan berwarna merah kecoklatan pada sisi yang bermata. Sirip ekor bersambung dengan sirip dubur dan sirip punggung. Ikan lidah tidak mempunyai sirip dada sedangkan sirip dubur berhubungan dengan sirip perut.
Ikan Lidah adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Ikan Lidah mengandung energi sebesar 104 kilokalori, protein 15,6 gram, karbohidrat 2 gram, lemak 3,2 gram, kalsium 30 miligram, fosfor 143 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain itu di dalam Ikan Lidah juga terkandung vitamin A sebanyak 110 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Lidah, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 48 %.

Selain memiliki keunikan dari bentuk dan mitos yang masih melekat dengan sebutan ikan sisa Nabi Musa a.s, ikan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya yaitu:


Mengandung Protein Tinggi
Memiliki kandungan protein tinggi adalah salah satu nilai jual yang membuat hampir setiap orang menginginkannya ketika memilih ikan untuk dikonsumsi yang bertujuan agar dengan memakan ikan sebelah ini akan mampu mengatur metabolisme tubuh, pembentukan zat antibodi dan membantu proses pembentukan hormon.
Meningkatkan Kecerdasan Otak
Mengatur pola makan sehat sejak usia dini adalah dambaan setiap orang, terlebih kepada anak-anak mereka agar bisa melahirkan generasi yang lebih cerdas dari kita. Salah satu pilihan tepat yaitu dengan membiasakan diri dan anak-anak agar mengkonsumsi ikan, terlebih ikan-ikan yang memiliki kandungan vitamin yang baik seperti ikan sebelah ini yang mengandung kandungan asam amino, protein dan vitamin B6 yang merupakan zat penting dalam menunjang kesehatan otak.
Asam amino sendiri sangat penting untuk kesehatan tubuh, ia mampu membentuk hemoglobin atau sel darah merah untuk meningkatkan energi, memperlambat pertumbuhan kanker dan tumor dan juga untuk meningkatkan kemampuan mental. Ikan sebelah adalah pilih tepat karena ia memiliki kandungan asam didalamnya.
Mengatasi Kutikula
Lapisan tipis kulit yang mati di pangkal kuku adalah satu penyakit yang disebut Kutikula. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi flatfish atau ikan sebelah, karena ikan sebelah mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.
Daftar Manfaat

Salah satu kelemahan terbesar ketika melaksanakan diet rendah lemak adalah merampas lemak sehat yang sangat dibutuhkan kulit dan rambut, berakibat menjadi kelihatan kusam dan kering. Omega 3 yang terdapat pada ikan lidah merupakan jenis lemak sehat sebagai nutrisi untuk menjaga kulit anda sehat dan rambut berkilau. Cobalah manfaat dari ikan ini.

2. Sperma Kuat

Laki-laki yang rutin dan teratur makan ikan lidah tubuhnya akan lebih segar serta spermanya kuat dibandingkan mereka yang tidak melaksanakannya, selain itu dikombinasikan juga dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijjian

3. Sumber Vitamin B

Vitamin B yang terdapat pada ikan lidah berperan penting bagi tubuh untuk membantu memelihara sel-sel darah merah, menambah stamina, meningkatkan laju metabolisme, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu anda perlu rutin mengonsumsi ikan lidah.

4. Menyembuhkan Mata Silinder

Mata astigmatisma atau silinder disebabkan karena panjang kornea antara horisontal dan vertikal yang tidak sama. Selain itu, gaya hidup yang tidak benar seperti membaca atau melihat jauh dalam posisi miring, menonton TV dan membaca sambil tiduran juga disebut sebagai penyebab lain dari penyakit mata ini. Hal ini bisa didapat dari orang tua atau keturunan. Namun jangan khawatir, ikan lidah dapat menyembuhkannya.

5. Manfaat Ikan Lidah untuk Mengurangi Obesitas

Dengan mengonsumsi ikan lidah maka anda dapat mengurangi kelebihan berat badan anda. Asam lemak omega-3 yang terdapat didalamnya mampu merangsang hormon yang disebut leptin, yang membantu metabolisme tubuh, rendah kalori dan turut mengatur berat badan dan makanan asupan tubuh. Selain itu ikan ini juga mengandung banyak gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ditambahkan sebagai lauk makan akan lebih nikmat.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun adalah sistem pertahanan yang ada pada tubuh manusia yang berfungsi untuk menjaga manusia dari benda-benda yang asing bagi tubuh manusia, sebagai kekebalan tubuh, peremajaan dan homeostasi tubuh. Untuk itu konsumsilah ikan lidah.

7. Mengandung Banyak Nutrisi

Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan lidah antaralain ada asam lemak Omega 3, vitamin D , vitamin B, vitamin B2 atau riboflavin, kalsium, fosfor, zat besi, seng, yodium, magnesium dan kalium.

8. Dapat Menurunkan Kadar Trigliserida

Trigliserida merupakan penyusun utama lemak hewani, dalam aliran darah menunjukkan jumlah lemak yang akan di proses. Untuk mencapai keseimbangan pada penyusun lemak tersebut cobalah dengan mengonsumsi dua porsi masakan ikan lidah dalam satu minggu, agar dapat menurunkan kadar lemak tersebut.

9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ikan lidah memiliki kandungan omega-3 asam lemak didalamnya yang berfungsi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan membantu menjaga tekanan darah agar stabil. Biasanya akan menimbulkan pusing berlebih. Konon yang terkena penyakit ini adalah orang yang suka marah, namun pada kenyataannya tidak mesti seperti itu. Tetapi jangan khawatir karena ikan ini dapat menjadi solusinya.

10. Meningkatkan Respon Hormon Insulin

Bagi penderita diabetes ikan lidah disarankan untuk rutin dikonsumsi karena kandungan lemak omega 3nya yang melimpah, dapat mencegah dari kegemukan atau membantu meregulasi berat badan dan meningkatkan respon hormon insulin pada tubuh. Untuk itu cobalah khasiatnya.
Itulah manfaat ikan Lidah untuk kesehatan. Berikut masih ada manfaat lainnya yang perlu anda perhatikan agar tubuh anda terhindar dari berbagai macam penyakit:

7 Manfaat Ikan Lidah yang Lainnya:

11. Mencegah Penggumpalan Darah di Dalam Arteri
12. Mengandung Mineral
13. Kaya Omega 3
14. Mencegah Anemia
15. Baik Untuk Kesehatan Jantung
16. Mengatasi Hipotensi
17. Menghalau Terjadinya Aterosklerosis





Sumber :
https://www.khasiat.co.id/ikan/lidah.html

1 komentar: